Produk A ke Z

Berbagi informasi tentang banyak produk berkualitas

Sambal Kering Teri Nasi JOGJA Spesial “ISTIMEWA”

leave a comment »

Hai kawan… Salam Mak Nyuzzz…(minjem istilahnya Oom Bondan).. hehehe..

Kali ini saya masih ngulik-ngulik produk dari kota Jogja yang kebetulan punya temen. Jadi bisa maen-maen ke dapurnya nih buat bikin tulisan kali ini. Kebetulan pemiliknya sama dengan yang bikin Bumbu Pecel Istimewa yang ada di tulisan terdahulu.

Kali ini saya akan menuliskan tentang Sambal kering teri, yang pastinya Mak Nyuzzz…
Makanan kali ini dibuat dari bahan teri nasi dan kacang yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa jadi sebuah makanan yang cocok buat oleh-oleh bagi orang-orang yang punya sanak saudara dan kerabat yang akan dikunjungi di luar kota Jogjakarta tercinta ini.

Mau lihat foto-fotonya? Sudah saya siapkan kawan. Jangan takut tidak dapat melihat fotonya. Akan saya share buat kawan-kawan semua deh… Tapi yang sabar ya… Biar saya cerita-cerita dulu.

Sambal kering teri “ISTIMEWA” ini, dibuat oleh orang yang sama yang memproduksi bumbu pecel yang ada yang di tulisan terdahulu. Tapi entah kenapa kok tidak dimuat di blognya ya? Tapi ya sutralah, biar saya yang nulis aja deh…

Sambal kering teri ini menurut cerita pembuatnya, asal mulanya dibuat karena merasa jenuh dengan hanya memproduksi bumbu pecel “ISTIMEWA” itu. Kemudian, juga karena ada konsumen mereka yang pernah bertanya apakah bisa buat sambal kering teri seperti milik sebuah perusahaan roti yang cukup terkenal di Jogja dengan inisial “T”.

Ditanya begitu, sontak si pemilik bumbu pecel “ISTIMEWA” ini berkata bisa. Karena beliau merasa memiliki cukup pengalaman pada waktu pembuatan gula kacang yang mulai meredup pamornya. Karena mereasa tertantang, beliau akhirnya melakukan beberapa percobaan yang akhirnya menemukan resep yang cukup paten untuk sambal kering teri ini.

Kacang Goreng kering teriTeri nasi digoreng

Bumbu Kering Teri

Nah periodik pembuatannya kurang lebih seperti¬† di atas ini deh. Teri yang digoreng ditambahin kacang goreng, trus dimasukin ke bumbunya (foto samping), dimasak sampai kering deh tuh si teri dan kacang. Hasilnya..??? eng.. ing… eng… seperti foto yang ada di bawah ini deh.

Sambal Kering Teri belum dikemas

Foto di samping ini adalah sambal kering teri yang telah dimasak dengan api sedang selama kurang lebih 3 jam. WHAT??? lama amat? iya kawan, itulah yang terlintas di pikiran saya pada waktu mendengar lamanya proses memasak ini. Tapi itu memang mutlak diperlukan karena untuk membuat makanan ini menjadi benar-benar kering dan tahan cukup lama kawan, bisa sampai 2 bulan.

Mereka membuatnya benar-benar murni, karena itu prosesnya lama, tidak menggunakan bahan pengawet makanan apapun meskipun telah diijinkan penambahannya di dalam makanan oleh pemerintah dan Balai POM. So, buat kita-kita yang ingin makanan yang bebas bahan pengawet, ini adalah salah satunya kawan.

Packing Sambal Kering Teri

Sekarang kita sampailah di pengemasan. Hasil akhirnya ya seperti yang bisa kita lihat di samping ini kawan. Dikemas dengan menggunakan toples mika atau kemasan yang lebih kecil yang kebetulan fotonya belum saya dapatkan, yang cocok buat dibawa untuk handai taulan dan kerabat yang tinggal baik di dalam kota maupun di luar kota JOGJA ini. Harganya juga masih terjangkaulah untuk ukuran oleh-oleh.

Siapa tahu kering teri buatan toko ini bisa jadi the next oleh-oleh from JOGJA city? who knows kawan. Setahu saya sih, belum ada yang buat seperti ini di luar kota Jogja yang mirip seperti ini bentuknya, apalagi rasanya. Berarti cocoklah kalau dibawa buat oleh-oleh. Kan belum ada di luar kota Jogja? Jadi kan tandanya anda sudah pernah mampir ke Jogja kan? Yah… suka-suka sih..

Untuk informasi dan pemesanan, kawan-kawan bisa ke saya di banyakproduk@gmail.com atau di 0878 3955 8989 atau langsung saja datang ke tokonya di

TOKO MURAH
Jalan Cempaka CTX / 08 Deresan Jogjakarta
Telp: 0274 – 518461
email: jsasangka@gmail.com

Trims kawan buat waktunya baca tulisan saya kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Written by jusska

Maret 30, 2010 pada 5:54 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: